Selasa, 29 Juni 2010

Sungai kapuas danau mare

Pemakai jasa Angkutan atau transpotasi air ini tetap banyak.,Itu terlihat dengan banyaknya kapal taksi air yang sandar dan hilir- mudik dipelabuhan dengan muatan barang dan penumpang ke berbagai daerah tujuan diKalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.. Daerah tujuan Taksi air itu diantaranya Tabukan,Kupak,Bahaur,Terusan raya ,Gerapas Kapuas,Banjarmasin dan banyak lagi kota/tempat tujuan lainnya .



Banyaknya pemakai jasa angkutan air ini pada umumnya disebabkan daerah pemukiman mereka disekitar bantaran sungai Kapuas dan anak-anak sungai disekelilingnya yang masih sulit ditempuh melalui jalur darat.. Alasan lainnya karena kondisi jalan dan ada juga alasan jarak tempuh,hingga pada alasan karena sudah terbiasa atau kebiasan sehari-hari.



Kita patut memberikan Apresiasi kepada Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kuala Kapuas dalam mengelola Dermaga dan pasar disepanjang Dermaga tersebut..Sebab, melalui pantauan saya,Dermaga dan pasar tersebut tetap tertata cukup baik,bersih,aman serta tidak kotor.Tidak jarang kita temui pasar dan Dermaga kotor dipenuhi sampah dengan bau yang menyengat akibat buruknya pengelolaan.



Peran Pemerintah Kabupaten Kuala Kapuas bersama warga Masyarakatnya dalam mengelola Dermaga serta pasar ditepian Sungai Kapuas(Danau Mare)cukup baik. Pemakai jasa transportasi air menjadi nyaman dan aman, hingga Primadona ini tetap cantik..Kondisi tersebut tentu baik sekali bagi kunjungan wisatawan lokal atau manca negara.Dalam hal tata kelola Dermaga dan pasar disisi dermaga ,Pemkab Kuala Kapuas telah melakukan yang kita sebut “Good Governance” atau tata kelola yang baik!(SM)

1 komentar: