Kamis, 16 Desember 2010

MENGGUGAT VISI DAN MISI CALON KEPALA DAERAH

Tiap-tiap calon Kepala Daerah harus punya visi dan misi yang jelas dan terukur,sehingga masyarakat tahu calon yang ia pilih betul-betul pemimpin yang memiliki kompetensi dan layak dipilih.


Minggu,16 Mei 2010,DPRD Provinsi Kalimantan Selatan menggelar penyampaian Visi dan Misi 5 pasangan Calon Gubernur dan wakil Gubernur.Dalam kesempatan ini masing - masing calon diberi waktu 15 menit.Penyampaian Visi dan Misi calon Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati serta Calon Walikota dan Wakil Walikota sudah dilaksanakan didaerah masing-masing.Namun tahukah kita pentingnya Visi dan Misi ini?

Masyarakat bebas menilai mana calon Kepala Daerah yang memang punya kompetensi atau mana yang tidak. Namun, salah satu indikatornya bisa terlihat dari visi dan misi yang mereka buat atau sampaikan kepada masyarakat dalam kampanye.Calon Kepala Daerah yang memiliki Kompetensi dalam menyampaikan visi dan misinya, terukur dan terarah.Misalnya,menyampaikan suatu program yang akan dijalankan berikut berapa anggaran yang diperlukan serta ada ukuran keberhasilan atau kegagalan,hingga pemilihnya bisa mengetahuinya.Karena,penyampaian visi dan misi itu merupakan kontrak politik mereka,maka disampaikan secara hati-hati.

Kondisi berbeda pada calon Kepala Daerah yang tidak meiliki kompetensi.Calon Kepala Daerah semacam ini cenderung lebih banyak mengumbar janji-janji.Mengapa demikian,karena ia tidak punya program yang jelas ketika ia duduk sebagai Kepala Daerah.Misalnya,ia mengatakan sekolah gratis 12 tahun,Berobat gratis, menurunkan jumlah pengangguran,mengurangi kemiskinan,tetapi tidak diiringi penjelasan bagaimana caranya ia dapat melaksanakan programnya itu.Ketika calon ini sudah berkuasa ,maka sulit sekali untuk "menggugat" atau "menagih janji" tersebut,karena janjinya tidak punya ukuran yang jelas.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari menyatakan,Janji yang terukur dibutuhkan untuk membangun citra seorang calon,terutama terkait dengan Kompetensinya.Kalau kita mengacu pada pernyataan ini, jelaslah bahwa calon pemimpin yang berkualitas seperti calon Kepala Daerah yang punya kompetensi punya visi dan misi yang jelas.Mereka ini tidak asal berjanji,tapi janji mereka sangat terarah dan terukur,dan bukan hanya janji atau rayuan gombal belaka.

Hanya calon pemimpin yang cerdas saja yang mampu menyampaikan visi dan misi yang baik.Kecerdasan ini bisa ia dapatkan dari pendidikan formal maupun non formal ataupun pengalaman.Calon pemimpin yang cerdas seperti ini tidah memandang enteng atau sepele tentang penting arti penyampaian visi dan misi yang baik.

Pada akhirnya semua penilaian kita kembali kepada masyarakat untuk menilai dan menetukan pilihan pada Selamat menggunakan hak pilih Anda! (SM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar