Selasa, 18 November 2008

KPUD dan KEHORMATAN

Pemilu,Pilpres dan Pilkada adalah pesta demokrasi yang pada intinya memilih para pemimpin yang terhormat yang akan mewakili rakyat.Untuk melaksanakan hajat tersebut maka didaerah-daerah dibentuklah KPUD,yang tentunya diisi juga oleh orang-orang yang terhormat sebagai pelaksana.


Kisruh pilkada dibeberapa daerah seperti diSulawesi Selatan,Maluku Utara dan lain-lain,mengingatkan kita betapa penting KPUD sebagai pelaksana pesta demokrasi didaerah.Tuduhan sering ia tidak netral sering dilontarkan oleh berbagai pihak yang merasa dirugikan.Kemudian terjadilah berbagai keributan-keributan yang menodai pesta demokrasi/Pilkada itu sendiri.




elajar dari pengalaman daerah lain sikap netralitas KPUD sangat penting .Memang sudah semestinya KPUD bersikap netral dan memelihara dan menjaga kepentingan semua pihak/golongan dalam melaksanakan pesta demokrasi,seperti Pemilu,pilpres hingga Pilkada .

Hal lainnya yang patut kita puji dari Pilkada yang berlangsung kisruh tersebut adalah sikap KPUD yang tetap mempertahankan keputusannya dan melakukan upaya perlawanan hukum dengan mengajukan PK(peninjauan kembali)terkait atas putusan MA(Mahkamah Agung) yang memerintahkan Pilkada Ulang dibeberapa Daerah diSulsel.Ini menunjukkan KPUD Sulsel punya Kehormatan dan merasa telah bertindak benar dalam proses pilkada, dan mungkin atas dasar itulah mereka bersikeras menolak keputusan MA.

Mengingat Penting dan strategisnya fungsi KPUD,ada baiknya kita memilih dan merekrut para anggotanya dari orang-orang yang terhormat dan cara yang terhormat pula. Misalnya,mulai dari Proses terbentuknya tim penyeleksinya hingga transparansi dalam berbagai hasil seleksi dan pengujian. Dengan demikian lembaga ini(KPUD) betul-betul dipercaya diisi oleh orang-orang yang indepent/netral dan sekaligus terhormat.Hal ini dinilai penting untung menepis kecurigaan yang tengah beredar dimasyarakat yang menyatakan proses seleksi anggota KPUD tersebut Cuma formalitas saja dan hasilnya sudah ditentukan jauh hari sebelumnya.

Kabupaten Tabalong sekarang ini sudah ada pengumuman tentang seleksi penerimaan calon anggota KPUD daerah tersebut. Partisipasi Masyarakat Tabalong dan semua pihak terkait sangat diharapkan ,hingga proses seleksi dan penerimaan ini betul- betul bersih,terlepas dari kepentingan yang sempit dan sesaat.Ini sangat penting sekali sebab dalam waktu dekat daerah Kabupaten Tabalong akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah/Pilkada,yang kemidian disusul oleh pemilu dan Pilpres.

Harapan Kita, Pilkada yang digelar berbagai daerah diKalimantan Selatan umumnya dan Kabupaten Tabalong khususnya berjalan lancar dan tidak kisruh seperti didaerah lain.Sebab kita percaya para peserta Pilkada didaerah kita ini diisi oleh orang –orang yang terhormat, siap kalah dan menang”Berebut kekuasaan tapi Berbagi Kehormatan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar